Ikan Cupang, Ikan Tangguh dari Asia Tenggara

Ikan Cupang, Ikan kuat dengan Emosi tinggi

Ikan Cupang atau secara global di kenal dengan nama Betta Fish adalah ikan kecil yang berukuran rata-rata 5 cm, namun bisa lebih atau kurang tergantung jenisnya. Ikan yang dikenal dikalangan anak-anak sebagai ikan aduan ini mampu bertahan dalam jumlah volume air yang sedikit. Jenis ikan Cupang hias pun tidak kalah populer sehingga banyak digemari kalangan pecinta ikan hias, kontes-kontes Cupang hias pun telah banyak diselenggarakan, baik tingkat Nasional maupun Internasional. Organisasi ikan Cupang Internasional adalah International Betta Congress (IBC).

Ikan Cupang berasal dari wilayah Asia Tenggara antara lain Indonesia, Malaysia, Brunei, Vietnam dan Thailand. Usia matang ikan Cupang untuk menjadi induk betina sekitar 5 bulan dan 7 bulan untuk induk jantan. Cara berkembang biak ikan Cupang ini ada 2 macam, yaitu :

Pertama, Bublle Nest atau menempatkan telur - telur dalam sarang busa. sebelum melakukan perkawinan induk ikan Cupang jantan akan membuat sarang busa yang berupa gelembung-gelembung udara kecil. Ketika induk ikan Cupang betina mengeluarkan telur - telurnya induk jantan akan menempatkan telur - telur tersebut ke sarang busa yang telah dibuatnya untuk dibuahi. Kurang lebih memerlukan 3 hari agar telur - telur tersebut menetas menjadi burayak.

Beberapa jenis Ikan Cupang Bublle Nest :
Betta Splendens (Siamese Fighting Fish)

Yang terakhir, Betta Splendens adalah jenis ikan Cupang yang beredar dipasaran, baik ikan Cupang aduan maupun ikan Cupang hias. Untuk cupang hias pun terbagi beberapa jenis yang berasal dari hasil kawin silang seperti Cupang Halfmoon, Cupang Plakat, Cupang Doubletail, dan Cupang Serit, dimana Cupang Serit adalah hasil kawin silang peternak asal kota Jakarta.

Kedua, Mouth Breeder atau mengerami telurnya di dalam mulut. setelah induk ikan Cupang betina mengeluarkan telur-telurnya, kemudian ikan jantan akan membuahi atau mengerami telur-telur tersebut didalam mulutnya hingga telur tersebut menetas, kurang lebih memerlukan waktu 3 hari.

Beberapa jenis Ikan Cupang Mouth Breeder :

Makanan ikan Cupang di alam bebas antara lain zooplankton, nyamuk dan larva serangga lainnya. Makanan untuk ikan Cupang peliharaan antara lain kutu air, cacing sutra, cacing darah, pelet dan lainnya. Panjang hidup (usia) ikan Cupang bisa mencapai 5 tahun tergantung kondisi atau perawatan dan pemeliharaannya. Untuk perawatan pemeliharaan tingkat standar rata - rata usia ikan Cupang sekitar 2-3 tahun.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Cupang sebagai berikut :