Ikan Giru (Clownfish) Badutnya Lautan

Ikan Giru (Clownfish) Badutnya Lautan

Ikan Giru atau sering juga disebut Ikan Badut, di kenal di Internasional dengan nama Clownfish dan memiliki nama ilmiah Amphiprion percula adalah salah satu spesies ikan yang tersebar di lautan Pasifik, lautan India, Laut Merah, dan Australia.

Ada 28 Spesies yang teridentifikasi, salah satu spesies ikan ini bisa mencapai panjang hingga 18 cm, namun pada umumnya ukuran rata - rata ikan Badut ini adalah 10 cm. Mereka selalu bersimbiosis dengan anemon laut yang akan melindungi mereka dari pemangsa seperti belut, barakuda dan ikan grouper, begitu pun sebaliknya ikan Badut ini akan melindungi anemeon dari gangguan ikan kupu-kupu (Butterfly Fish) yang suka memakan anemon. Usia ikan Badut ini mencapai sekitar 3-6 tahun.

Ikan Badut berkembang biak dengan cara bertelur, biasanya ikan Badut betina menggunakan batu untuk meletakkan telur - telurnya, kemudian telur - telur tersebut akan dirawat oleh ikan Badut jantan untuk dibuahi dan memerlukan waktu 6 hingga 10 hari untuk menetas menjadi larva. Dalam sekali pemijahan induk betina bisa menghasilkan 100 hingga 1,000 butir telur.


Klasifikasi Ilmiah Ikan Giru (ikan badut) :
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Pomacentridae
Upafamili: Amphiprioninae