Ikan Mas, Ikan Air Tawar Terpopuler di Indonesia

Ikan Mas, Ikan Air Tawar Terpopuler di Indonesia

Ikan mas (Cyprinus carpio) atau Ikan karper adalah ikan air tawar yang bernilai ekonomis penting dan Ikan Konsumsi terpopuler di Indonesia. Meskipun merupakan ikan yang dibawa dari Cina, Eropa dan Jepang namun saat ini di Indonesia sudah terdapat 10 ikan mas yang dapat diidentifikasi berdasarkan karakteristik morfologisnya.

Meskipun masih sering ditemukan di air payau, secara umum ikan Mas hidup di air tawar. Ikan Mas ini adalah termasuk ikan yang paling banyak dibudidayakan para peternak ikan karena beberapa pertimbangan tertentu. Makanan ikan Mas dialam liar adalah krustasea, serangga, dan berbagai jenis tumbuhan air.

Pemijahan Ikan Mas terjadi pada tengah malam sampai akhir fajar ditempat - tempat yang rimbun, seperti tanaman air atau rerumputan yang menutupi permukaan air. Substrat inilah yang nantinya akan digunakan sebagai tempat menempel telur sekaligus membantu perangsangan ketika terjadi pemijahan. Pemijahan ikan mas dapat terjadi sepanjang tahun dan tidak tergantung pada musim. Namun, di habitat aslinya, ikan Mas sering memijah pada awal musim hujan, karena adanya rangsangan dari aroma tanah kering yang tergenang air.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Mas :
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Cypriniformes
Famili: Cyprinidae
Genus: Cyprinus
Spesies: C. carpio